Salah Bantal

Teknik Canggih SEO Terbaru, Tutorial Blogging, Tugas Softskill Gunadarma

Pengertian Organisasi dan metodenya



Pengertian organisasi



Organisasi adalah wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuanya.


Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masyarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya belum dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri. (James L. Gibson, 1986).


Pada dasarnya orang tidak bisa hidup sendiri. Sebagian besar tujuannya dapat terpenuhi apabila ada interaksi sosial dengan orang lain. Sebagai mahluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri karena manusia memiliki kebutuhan terhadap manusia lainnya. Karena itulah biasanya manusia berkumpul dan membentuk kelompok, yang disebut dengan organisasi. Karang Taruna, perusahaan, kerajaan, negara, adalah bentuk-bentuk dari organisasi. Bahkan sebuah organisasi kejahatan pun pada dasarnya juga adalah sebuah organisasi, dimana mereka bergabung dan berkumpul karena memiliki tujuan dan kepentingan yang sama. Organisasi yang paling kecil yang kerap kita jumpai adalah keluarga. Keluarga pada hakikatnya adalah sebuah organisasi. Keluarga adalah satuan organisasi terkecil yang pertama kali dikenal oleh setiap manusia.










inilah metode metode dalam organisasi :






• Pekerja dianggap sepeprti mesin yang dapat melakukan pekerjaan yang sederhana secara baik dan efisien jika mereka mendapat moativasi dan penghargaan yang cukup


• Prinsip-prinsip untuk memaksimalkan efisiensi menurut Taylor:
- Pemisahan antara perencanaan dan kerja
- Pilih orang yang terbaik untuk tugas itu
- Bagaimana pekerjaan dilakukan dengan efisien
- melatih pekerja
- menentukan penghargaan untuk tiap-tiap pekerjaan
- monitor untuk kerja pekerja


• Pendekatan Sistem Sosial-teknik:
- Suatu kelompok kerja harus memiliki otonomi yang lua
- Bagamana sistem sosial dan teknik saling berinteraksi dalam suatu orgaisasi
• Teori Aktifitas
- Dasar teori: Aktifitas manusia
- Sistem komputer harus dirancang agar pengguna dapat melakukan operasi secara mudah
- Teori ini memfokuskan Aktifitas, aksi dan operasi yang terjadi di tempat kerja:
Aktifitas : venture kolektif dari berbagai kelompok
Aksi : aksi sadar dari tiap individu dengan tujuan tertentu
Operasi : sarana individu dalam merealisasikan suatu aksi yang dilakukan secara tidak sadar


- Breakdown, konflik yang terjadi antara apa yang diharapkan dengan apa yang sebenarnya terjadi
- Contradiction, konflik yang terjadi antara beberapa pilihan yang tidak efisien/efektif.
• Dalam Perancangan dan pengimplementasian suatu teknkologi baru, hal-hal yang berhubungan dengan organisasi perlu diperhatikan – mis. Pembagian kerja, siapa yang menggunakan dan diuntungkan, dll – agar sistem benar-benar efisien dan efektif.

Related Post:

Widget by [ salahbantal ]



Responses

0 Respones to "Pengertian Organisasi dan metodenya"

 
Return to top of page Copyright © 2010 | salahbantal Converted into Blogger Template by Denih Edogawa