Salah Bantal

Teknik Canggih SEO Terbaru, Tutorial Blogging, Tugas Softskill Gunadarma

Tekhnik SEO | Cara Mengubah Keyword Menjadi Link Secara Otomatis



Jumpa lagi nih sob,, kalo sebelumnya saya pernah membahas tentang Tekhnik SEO Strong Keyword (Memberi Efek Strong Otomatis Pada Keyword Blog) nah hari ini salah bantal akan membahas tentang Cara Mengubah Keyword Menjadi Link Secara Otomatis atau biasa disebut dengan Tekhnik SEO Smart Link.

Mungkin temen-temen penasaran "Apa sih maksudnya Teknik SEO Smart Link itu". Tekhnik SEO Smart Link adalah sebuah Tekhnik SEO yang bisa menjadikan keyword pada postingan sobat menjadi Link secara otomatis.

Jadi misalkan saya menentukan keyword "Tips SEO". maka apabila pada postingan saya ada kata "Tips SEO" maka kata tersebut akan menjadi sebuah link secara otomatis.
ngerti kan sob ??

Ok Langsung TKP aja deh langkah-langkah Cara Mengubah Keyword Menjadi Link Secara Otomatis

  1. login blog anda
  2. kemudian rancangan lalu edit HTML (Jangan lupa seperti biasa Backup template anda dulu)
  3. Cari kode </body>
  4. lalu letakkan kode dibawah ini Tepat dibawah kode </body>
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'><script type='text/javascript'> function autoLink(){ this.keywdHref = new Object();
this.add = function(keyword, href){ if(keyword.substr(0,1) != &quot; &quot;){keyword = &quot; &quot; + keyword;} this.keywdHref
[keyword] = href; } this.createAnchor = function(){ var objs = document.getElementsByTagName(&quot;div&quot;); for(var i=0; i&lt;objs.length; i++){ var obj = objs[i]; if(obj.className.indexOf(&quot;post-body&quot;)&gt;-1){ var content = obj.innerHTML; for(var
keyword in this.keywdHref){ var href = this.keywdHref[keyword]; var newstr = content.replace(keyword, &quot;&lt;a href=&#39;&quot; +href+&quot;&#39;&gt;&quot;+keyword+&quot;&lt;/a&gt;&quot;, &quot;gi&quot;); obj.innerHTML = newstr; content = newstr; } } } } this.startScript = function(){ var onLoad = window.onload; window.onload = function(){ if(onLoad){onLoad();} setTimeout (&quot;f.createAnchor()&quot;, 100); } } } </script> <script type='text/javascript'> var f = new autoLink(); f.add(&quot;Tips SEO&quot;,
&quot;
http://salahbantal.blogspot.com/&quot;); f.startScript(); </script></b:if>


NB :
ganti tulisan Tips SEO dengan keyword yang sobat inginkan...
ganti tulisan http://salahbantal.blogspot.com dengan url alamat tujuan yang sobat inginkan dari keyword tersebut


Demikianlah Postingan Tekhnik Seo | Cara Mengubah Keyword Menjadi Link Secara Otomatis Dari salah bantal Semoga bermanfaat :)
[Read More...]


Tekhnik SEO | Optimalkan dengan Merubah Bold Menjadi Strong





Merubah Bold menjadi Strong

Tekhnik Seo | optimasi dengan mengganti bold menjadi strong pada postingan , Sobat - sobat blogger udah ada yg tau gak kalo sebenernya ada rahasia dibalik tulisan yang di bold (bercetak tebal) ??? Buat yang belum tau mari baca postinyan saya berikut ini.

Tulisan yang di bold atau tulisan yang bercetak tebal sering digunakan untuk Memperkuat Keyword pada search engine. Tapi tahukah sobat jika tulisan yang di bold ini memiliki trik khusus agar semakin memperkuat keyword kita dan lebih di sukai oleh Search Engine sehingga makin membuat postingan kita makin SEO Friendly.

Apa aja Triknya ??? Penasaran ??

Trik Tekhnik Seo ini cukup mudah namun agak sedikit merepotkan yaitu dengan merubah kode bold(<b>) menjadi kode strong (<strong>).

cukup simpel kan,,keduanya sama-sama memberi efek cetak tebal pada tulisan namun bedanya efek strong lebih disukai oleh Search Engine dan dapat memperkuat keyword ketimbang Bold.


Biar sobat ga bingung coba lihat contoh tulisan di bawah

TRIK TEKHNIK SEO OPTIMASI BLOG AGAR FRIENDLY

pada contoh diatas tulisan normalnya pasti seperti ini dalam format HTMLnya

<b>TRIK TEKHNIH SEO OPTIMASI BLOG AGAR FRIENDLY</b>

nah untuk tekhnik seo nya agar lebih SEO Friendly silahkan sobat ganti kode boldnya menjadi seperti di bawah ini

<strong>TRIK TEKHNIK SEO OPTIMASI BLOG AGAR FRIENDLY</strong>

Selamat mencoba Tekhnik Seo dari salah bantal Semoga bermanfaat :)
Semoga Berhasil :)
[Read More...]


Tekhnik SEO | Cara Membuat Page Information Permalink Pada Blog





Tekhnik SEO | Cara Membuat Page Information Permalink Pada Blog 
Tekhnik SEO | Cara Membuat Permalink Tag Blog Di Blogspot Salah satu TEKHNIK SEO yang di percaya banyak orang yaitu Cara Membuat Page Information Permalink Pada Blog. Banyak yang bilang dengan Cara Membuat Page Information Permalink Pada Blog akan meningkatkan seo friendly on page. dan saya juga belum tau apakah ini benar atau tidak. tapi gak ada salahnya kan kalau di coba dulu.


Kegunaan Page Information atau permalink itu sendiri adalah selain dapat meningkatkan SEO onpage juga menghindari para plagiaters yang tidak memberikan sumber. Mungkin mereka akan sadar ketika melihat tulisan tersebut. Page Information atau Permalink atau permanen link merupakan alamat URL atau link yang permanen tentang suatu postingan. Permalink di blogspot sangat penting untuk menambah link internal di artikel postingan kita. Karena permalink yang satu ini SEO friendly sehingga mudah dibaca oleh google.


Berikut ini Contoh Gambar Permalink Blog

Tekhnik SEO | Cara Membuat Page Information Permalink Pada Blog


Yuk langsung aja ke tekhnik seo Membuat Page Information Permalink Pada Blog :


  1.  Masuk ke akun Blogger Sobat.
  2. Klik Rancangan >> Edit HTML.
  3. Klik Download Template Lengkap untuk berjaga-jaga kalau nanti terjadi kesalahan kita dapat dengan mudah mengembalikan template seperti semula.
  4. Beri tanda centang di Expand Template Widget.
  5. Cari kode ]]></b:skin>. Tekan Ctrl + F lalu isikan kode untuk mempercepat pencarian.
  6. Copy kode di bawah ini lalu paste di atas kode tersebut


.permalink {border: 1px dotted #000000; padding: 5px; background: #ffffff;-moz-border-radius:5px;} .permalink a {background:none;} img.float-right {margin: 5px 0px 0 10px;} img.float-left {margin: 5px 10px 0 0px;}

7. Cari kode <data:post.body/>. Untuk mempercepat pencarian, silakan tekan Ctrl + F lalu masukkan kode ini dibawah ini tepat dibawah <data:post.body/>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><div class='permalink'> <center><small>Terima kasih sudah membaca artikel berjudul <strong><u><a expr:href='data:post.url'><data:blog.pageName/></a></u></strong> dan sobat bisa menemukan artikel <strong><data:blog.pageName/></strong> ini dengan url <strong><data:post.url/></strong>. Silahkan baca artikel &#169;<a expr:href='data:blog.homepageUrl'><data:blog.title/></a> yang lainya. Jika ingin share artikel ini, tolong cantumkan link <strong>Sumbernya</strong></small></center></div></b:if>


biasanya kode <data:post.body/> ada dua pilih aja yang kedua untuk memasang permalinknya.


Terakhir simpan template anda dan lihat hasil Tekhnik SEO page Information Permalink Pada Blog sobat
[Read More...]


Tekhnik SEO | Cara Edit Template Blog Agar SEO Friendly





Tekhnik SEO | Cara Edit Template Blog Agar SEO Friendly



Tekhnik SEO | Cara Edit Template Blog Agar SEO Friendly Postingan Kali ini salah bantal akan memberikan sedikit tips and trik yang perlu dilakukan buat temen temen blogger agar Template yang dipakai lebih SEO friendly yang tak lain gunanya jelas untuk mendukung optimasi Blog di SERP. Nah,langsung saja bagaimana Cara Edit Template Blog Agar SEO Friendly.


Ada banyak tekhnik seo Template Blog Agar SEO Friendly yang bisa kita lakukan, dan saya akan urutkan semua mulai dari yang terpenting dahulu menurut versi salah bantal.

1. Ukuran Berat Blog 
Buatlah template blog kamu seringan mungkin,karena menurut survey, mesin pencari lebih ramah pada template yang loadingnya cepat. Ukur seberapa berat blog kamu juga.


2. Page Title Blog / Meta Title Blog

berikutnya yang harus kita lakukan adalah memodifikasi sedikit pada script Page Title yang ada di script template Blogspot, biasanya format page title atau meta title dari blogspot seperti ini : JUDUL BLOG : JUDUL POSTING, nah agar blog kita lebih disukai oleh google dan SEO friendly, kita harus merubah format page title standart itu menjadi seperti ini : JUDUL POSTING | JUDUL BLOG. Edit Meta title blog kamu pada meta title yang bisa menghindari duplikat kontent. untuk tutorialnya kamu bisa baca Tekhnik SEO | Cara Mengubah Meta Tag Title Blog agar SEO Friendly.


3. Meta keyword dan deskripsi
Suatu mesin pencari seperti google sangat menyukai sebuah website / blog yang jelas tema dan isi content-nya. Jadi, sobat harus nambahin suatu tag yang namanya meta tag. Pasang meta tag pada template blog sobat, untuk caranya silahkan baca artikel saya tentang Mengungkap Semua Rahasia Tersembunyi Pada Meta Title, Description dan Keyword di Blogger


4. Memasang Breadcrumbs

Breadcrumbs adalah menu navigasi yang ada diatas sebuah posting atau artikel. Cara pasangnya juga sudah saya bahas di blog Technology information center ini. Silahkan ke artikel "Tekhnik SEO | Cara Membuat Breadcrumb Pada Blog".

5. Memasang Related Post
Related post sangat bagus untuk SEO maupun buat pengunjung. Jadi sebaiknya pasang related post di blog sobat. Caranya baca di artikel saya berjudul "Cara Membuat Artikel Terkait / Related Post dengan scroll”.

6. Mematikan setting archive ( arsip )

Google sangat membenci dengan yang namanya duplicate content. Jadi saat kita mengaktifkan arsip, misalnya seperti ini :

sobat membuat sebuah blog kemudian membuat 3 buah posting, dengan 1 buah posting setiap hari. Maka di halaman utama atau homepage sobat akan ada 3 posting dan sebuah link arsip seperti ini, http://BLOGSOBAT.blogspot.com/2012_03_01_archive.html, pada halaman arsip tersebut akan memunculkan 3 posting yang sama dengan yang di munculkan oleh homepage.

Intinya, 2 buah link yang menuju 2 halaman yang berbeda tapi memiliki isi konten yang sama. Bagi search engine apa lagi google ini adalah masalah serius. Maka sebaiknya me-non-aktifkan opsi arsip, caranya : setelah login klik tab setting >> Archiving >> pada bagian Archiving frequency ubah menjadi no archive. >> selesai simpan setting.


Atau jika sobat gak ingin menonaktifkan fungsi arsip, silahkan letakkan kode berikut dibawah kode <head> :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if>



6. Menambahkan kode ‘rel=canonical’
Masih berhubungan tentang cara menghindari duplikat content atau konten ganda maka tambahkan ‘rel=canonical’ untuk postinganmu. Gunanya kita menambahkan ‘rel=canonical’ ini sendiri adalah untuk menghindari konten ganda, karena seperti para master of SEO bilang bahwa google sangat tidak dapat mentolerir sebuah duplicate content. jadi buat yang kerjanya Cuma bisa copas hati-hati nih sebelum didepak dari kerajaan google. Cara nya di edit html tambahkan kode berikut setelah kode <head> 
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />


7. Pasang Page Information Atau Permalink / Internal link otomatis

Salah satu cara yang banyak dipercaya dapat meningkatkan SEO OnPage adalah dengan Memasang Page Information atau lebih akrab dikenal dengan Permalink pada template blog kamu, untuk cara pasangnya silahkan baca Cara Membuat Page Information Permalink Pada Blog.


8. Tag Heading
Mbah Google sangat menyukai sebuah tulisan atau judul dengan tag H1. Oleh karena itu ga perlu basa basi lagi ubahlah ukuran judul posting sobat dengan tag H1. Caranya Silahkan baca artikel tekhnik seo Cara Edit Tag Heading Agar SEO Friendly


Selamat mencoba Tekhnik Seo dari salah bantal Semoga bermanfaat :)
Semoga Berhasil :)
[Read More...]


Cara Membuat Artikel Terkait / Related Post dengan scroll



Membuat Artikel Terkait / Related Post dengan scroll - Mungkin istilah related post atau artikel terkait sudah gak asing lagi buat sobat blogger. untuk yang belum tau artikel terkait itu adalah kumpulan artikel yang berhubungan atau terkait dengan judul posting sobat,, nah untuk artikel terkait kali ini saya modifikasi dikit dengan menambahkan fungsi scroll. Dengan menambahkan fungsi scrolling pada widget related posts maka pengunjung tidak lagi merasa terganggu dengan artikel-artikel terkait yang terlalu panjang ke bawah. Apalagi widget related post ini diletakkan di bawah posting. nahh buat sobat yang terlanjur memasang widget related post lama tanpa fungsi scrolling, maka harus dihapus dulu. Bingung cara menghapusnya? Caranya lakukan dengan alur mundur (dari bawah ke atas) dengan mengikuti petunjuknya.


Contoh Artikel Terkait yang saya maksud kaya gini nihh :

Artikel Terkait

Di gambar tampak ada scroll yang bisa dinaik-turunkan untuk melihat posting-posting yang terkait. Oke, langsung saja ke  Cara Membuat Artikel Terkait / Related Post dengan scroll di bawah posting blog anda.
  1. Login ke blogger dengan id anda
  2. Klik Rancangan
  3. Pada tab menu, pilih Edit HTML
  4. Centang kotak kecil Expand Template Widget
  5. Cari kode <p><data:post.body/></p> atau <data:post.body/>
  6. Letakkan kode berikut di bawah kode tadi :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<H2>Related Post:</H2>
<div class='rbbox'>
<div style='margin:0; padding:10px;height:200px;overflow:auto;border:1px solid #ccc;'>
<div id='albri'/>
<script type='text/javascript'>
var homeUrl3 = &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;;
var maxNumberOfPostsPerLabel = 4;
var maxNumberOfLabels = 10;
maxNumberOfPostsPerLabel = 50;
maxNumberOfLabels = 3;
function listEntries10(json) {
var ul = document.createElement(&#39;ul&#39;);
var maxPosts = (json.feed.entry.length &lt;= maxNumberOfPostsPerLabel) ?
json.feed.entry.length : maxNumberOfPostsPerLabel;
for (var i = 0; i &lt; maxPosts; i++) {
var entry = json.feed.entry[i];
var alturl;
for (var k = 0; k &lt; entry.link.length; k++) {
if (entry.link[k].rel == &#39;alternate&#39;) {
alturl = entry.link[k].href;
break;
}
}
var li = document.createElement(&#39;li&#39;);
var a = document.createElement(&#39;a&#39;);
a.href = alturl;
if(a.href!=location.href) {
var txt = document.createTextNode(entry.title.$t);
a.appendChild(txt);
li.appendChild(a);
ul.appendChild(li);
}
}
for (var l = 0; l &lt; json.feed.link.length; l++) {
if (json.feed.link[l].rel == &#39;alternate&#39;) {
var raw = json.feed.link[l].href;
var label = raw.substr(homeUrl3.length+13);
var k;
for (k=0; k&lt;20; k++) label = label.replace(&quot;%20&quot;, &quot; &quot;);
var txt = document.createTextNode(label);
var h = document.createElement(&#39;b&#39;);
h.appendChild(txt);
var div1 = document.createElement(&#39;div&#39;);
div1.appendChild(h);
div1.appendChild(ul);
document.getElementById(&#39;albri&#39;).appendChild(div1);
}
}
}
function search10(query, label) {
var script = document.createElement(&#39;script&#39;);
script.setAttribute(&#39;src&#39;, query + &#39;feeds/posts/default/-/&#39;
+ label +
&#39;?alt=json-in-script&amp;callback=listEntries10&#39;);
script.setAttribute(&#39;type&#39;, &#39;text/javascript&#39;);
document.documentElement.firstChild.appendChild(script);
}
var labelArray = new Array();
var numLabel = 0;
<b:loop values='data:posts' var='post'>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
textLabel = &quot;<data:label.name/>&quot;;
var test = 0;
for (var i = 0; i &lt; labelArray.length; i++)
if (labelArray[i] == textLabel) test = 1;
if (test == 0) {
labelArray.push(textLabel);
var maxLabels = (labelArray.length &lt;= maxNumberOfLabels) ?
labelArray.length : maxNumberOfLabels;
if (numLabel &lt; maxLabels) {
search10(homeUrl3, textLabel);
numLabel++;
}
}
</b:loop>
</b:loop>
</script>
<small><p>Widget by [ <a href='http://iptek-4u.blogspot.com' target='new'>Iptek-4u</a> ]</p></small>
</div>
<script type='text/javascript'>RelPost();</script>
</div>
</b:if>

7. Jika sudah, sekarang cari kode ]]></b:skin>
8. Letakkan kode berikut di atas kode tadi :

/*-- modifikasi related posts oleh http://salahbantal.blogspot.com--*/
.rbbox{border: 1px solid #D8D8D8;padding: 5px;
background-color: #E0F8E0;-moz-border-radius:5px; margin:5px;}
.rbbox:hover{background-color: #EFFBEF;}


9. Klik SIMPAN TEMPLATE
10. Selesai

Disana ada tulisan Related Post yang berwarna merah yang bisa diganti dengan teks favorit anda. Untuk kode warna juga demikian, sesuaikan dengan desain template anda. Sekarang coba lihat salah satu posting anda. Maka  Artikel Terkait / Related Post dengan scroll akan berada di bawah posting. Tampilannya pun lebih cantik dengan kotak yang mengelilingi widget ini. Mudah bukan, oke selamat mencoba.
[Read More...]


Tekhnik SEO | Cara Edit Tag Heading Agar SEO Friendly




tekhnik seo Cara Edit Tag Heading Agar<strong> SEO </strong>Friendly


Tekhnik SEO Cara Edit Tag Heading Agar SEO Friendly
Selamat sore temen-temen blogger semua, saya mau bahas tekhnik SEO lagi nih, memang gak ada habisnya kalo terus bahas yang namanya SEO. Topik yang saya bahas sore ini adalah bagaimana agar template yang kita pakai SEO friendly dengan Cara Edit Tag Heading Agar SEO Friendly. Terkadang kita memilih template dari penyedia situs template gratisan di internet hanya sekedar memenuhi selera keindahan, tapi terkadang kita lupa apakah template yang kita pakai sudah SEO friendly atau belum. Ok Pada Tutorial kali ini saya akan usut tuntas tentang Cara Edit Tag Heading Agar SEO Friendly, atau lebih jelasnya dengan memberi tag h1 untuk judul postingan. Namun, jika Anda melakukannya secara sembarangan bisa jadi malah justru terjadi multiple tag h1 pada halaman Anda.

Mungkin temen - temen udah pada tau, banyak template blog yang bagus dalam segi design diluar sana, dan kebanyakan dari template tersebut mementingkan masalah design. Kita yang akan memakainya perlu sedikit memodifikasi agar lebih optimal. Ok, langsung aja saya bongkar kepada temen-temen semua langkah-langkah dalam optimasi template yang kita pakai agar lebih SEO friendly

1. Pertama yang mesti anda lakukan tentu login dulu di Blogger
2. Kemudian klik Rancangan (Jangan Lupa backup template dulu)>> edit HTML
3. Jangan lupa Centang Expand Template Widget


Manipulasi Tag Heading Judul PostinganCari kode berikut ini..
<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>
Setelah ketemu Ganti semua kode di atas dengan kode dibawah ini.
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:post.title'>
<h2 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h2>
</b:if>
<b:else/>
<h1 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h1>
</b:if>
Manipulasi Tag Heading Judul BlogCari lagi kode di bawah ini
<h1 class='title' style='background: transparent; border-width: 0px'>
<b:include name='title'/>
</h1>
Selanjutnya Ganti dengan kode berikut ini
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<h1 class='title' style='background: transparent; border-width: 0px'>
<b:include name='title'/>
</h1>
<b:else/>
<p class='title' style='background: transparent; border-width: 0px'>
<b:include name='title'/>
</p>
</b:if>
Cari kode berikut ini
<h1 class='title'>
<b:include name='title'/>
</h1>
Ganti dengan kode berikut ini
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<h1 class='title'>
<b:include name='title'/>
</h1>
<b:else/>
<p class='title'>
<b:include name='title'/>
</p>
</b:if>
Terakhir, Set CSS AndaCari kode css judul postingan dan judul blog Anda. Misal kodenya seperti ini. Cari yang mirip.
.post h3 {
..................................
}
.post h3 a, .post h3 a:visited{
..................................................
}
.post h3 a:hover {
....................................
}
Ganti kodenya dengan kode di bawah ini
.post h1, .post h2 {
margin:.25em 0 0;
padding:0 0 4px;
font-size:140%;
font-weight:normal;
line-height:1.4em;
color:$titlecolor;
}
.post h1 a, .post h1 a:visited, .post h1 strong, .post h2 a, .post h2 a:visited, .post h2 strong{
display:block;
text-decoration:none;
color:$titlecolor;
font-weight:normal;
}
.post h1 strong, .post h1 a:hover, .post h2 strong, .post h2 a:hover {
color:$textcolor;
}
Catatan: Kalau tidak berhasil, ganti hanya kode h3 nya..
kemudian, cari lagi kode css judul blog. Cari yang mirip dengan kode di bawah ini
#header h1 {
............................
}
Setelah itu Ganti dengan kode di bawah ini
#header h1, #header p {
margin:5px 5px 0;
padding:15px 20px .25em;
line-height:1.2em;
text-transform:uppercase;
letter-spacing:.2em;
font: $pagetitlefont;
}
Selanjutnya adalah mengubah tag heading pada widget di blogcari kode di bawah ini:
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
Ganti h2 menjadi h3
Biasanya untuk perubahan pada Tutorial yang terakhir yaitu mengubah tag heading pada widget, jika diubah h2 menjadi h3 maka style/judul dari widget anda akan berubah. Agar sama seperti semula, lanjutkan mencari kode berikut:
.sidebar h2
dan rubah h2 menjadi h3
Kemudian Save/Simpan template anda, selesai....
Ikuti semua langkah-langkah diatas .
jika semuanya sudah anda lakukan dengan benar maka sekarang di halaman index Anda, atau halaman utama blog, judul blog memiki tag h1 dan judul postingan bukan tag h1. Sementara ketika google index halaman postingan Anda, judul postingan otomatis berubah ke tag h1 dan judul blog tidak lagi menggunakan tag h1 .

Oya. ada yang lupa, jika ada diantara temen-temen yang belum mengetahui menfaat Tekhnik SEO bagi kelangsungan blog, saya pernah membahasnya pada Tekhnik SEO Terbaru. Demikian tadi Tutorial step by step Tekhnik SEO | Cara Edit Tag Heading Agar SEO Friendly, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
[Read More...]


6 Tips Optimasi Artikel Agar Search Engine Friendly



Artikel merupakan sajian utama sebuah blog. Artikel juga memegang peranan penting dalam SEO (Search Engine Optimization)? Dengan penulisan artikel yang Search Engine Friendly, traffic blog kamu bisa meningkat tajam. Seperti apa dan bagaimana tata cara penulisan artikel yang Search Engine Friendly? Berikut ini PG akan membagikan sedikit ilmu PG:

6 Tips Optimasi Artikel Agar Search Engine Friendly

1. Beberapa baris pertama artikel harus semenarik mungkin, ini dikarenakan beberapa search engine sulit untuk mengenali meta description, sehingga akan mengambil beberapa baris pertama sebagai bagian yang akan ditampilkan di search engine.
2. Bagian atas dan bawah artikel disisipkan keyword. Susunlah keyword agar menjadi kalimat yang tidak janggal. Ini penting sekali agar kamu tidak dianggap sebagai spam.

3. Paragrafnya jangan yang terlalu panjang, usahakan cukup 2 sampai 3 kalimat saja agar pembaca tidak malas untuk membaca kelanjutannya.
4. Pastikan pada bagian tertentu di artikel mengandung link ke halaman lain dengan keyword yang sesuai. Ini dapat meningkatkan posisi situs atau blog kamu.
5. Jika memungkinkan, link ke halaman yang penamaan filenya adalah keyword tersebut, ini dapat pula meningkatkan posisi strategis anda di search engine
6. Memang tidak ada aturan khusus tentang berapa panjang atau jumlah kata dalam satu artikel, namun sebagai pedoman akan lebih baik kalau satu artikel minimal terdiri dari  250 kata, kalaupun lebih atau kurang bukan menjadi masalah asalkan tidak telalu jauh dari jumlah tersebut.
Mungkin dengan mengikuti sedikit tips optimasi artikel PG diatas, artikel kamu akan menjadi lebih Search Engine Friendly dan posisi situs kamu dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya.
[Read More...]


Tips Untuk Memilih Hosting Gratis



Hosting gratis memang memiliki banyak kelemahan, namun jika kamu baru mulai belajar blogging. Hosting gratis bisa menjadi salah satu solusi hemat sebelum kamu beranjak ke jenjang yang lebih serius. Banyak sekali penyedia hosting gratis yang tersebar luas di internet. Bahkan hampir semua perusahaan hosting internasional memberikan fasilitas hosting gratis bagi pengguna internet.
Dengan beragamnya fitur-fitur yang disediakan, kita harus jeli dalam memilih. Pada tips kali ini PG akan menjelaskan bagaimana cara mendaftar hosting gratis di 000webhost.com, mengingat saat ini layanan hosting tersebutlah yang paling terkenal dan fiturnya paling lengkap daripada layanan-layanan gratis sejenisnya.
Tips Untuk Memilih Hosting Gratis

Cara untuk hosting gratis adalah sebagai berikut:
advertisements
1. Klik di link berikut ini untuk membuka situs layanan hosting gratis 000webhost.
2. Perhatikan fitur Free Web Hosting yang ada di halaman utama situs tersebut, kemudian klik Order Now.
Tips Untuk Memilih Hosting Gratis
3. Isi data – data yang diminta.
Keterangan: Untuk kolom domain kamu bisa memilih, jika kamu telah mempunyai domain sendiri, isikan di kolom www.namadomainkamu.com. Namun jika kamu belum mempunyai domain sendiri, kamu bisa menggunakan fasilitas domain gratis yang disediakan 000webhost. Kamu bisa mengisinya dengan www.namadomainkamu.blabla.com.
4. Centang “i agree to term of service” dan klik create my account.
Tips Untuk Memilih Hosting Gratis host_000web_03
5. Setelah itu tunggu sekitar 7 menit untuk proses setup.
6. Account hosting gratis kamu telah selesai dibuat.
Tips Untuk Memilih Hosting Gratis
Silahkan masuk ke cpanel dan happy blogging with the free hosting service. Sekian tips dari PG untuk mendapatkan hosting gratis di 000webhost keep blogging guys :)
[Read More...]


Cara Mudah Menghapus Game Default di Windows




Apakah kamu tipe orang yang suka menghabiskan waktu dengan bermain game? Dengan kamu bermain game, tidak hanya kesenangan yang bisa kamu dapatkan? Melainkan juga dapat melatih otak dan ketepatan yang diberikan di masing-masing game. Banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk bermain game, seperti halnya bermain game di PlaystationWebsiteAndroidBrowser ChromeIE,  NintendoiOSBlackberryHTML5 dan masih banyak lagi.
advertisements
Dengan semakin berkembangnya dunia game membuat game bawaan dari sistem operasi Windows sedikit terabaikan. Meskipun kamu belum pernah memainkan game tersebut, namun kamu pernah mengetahuinya kan? Diantaranya ada Chess, FreeCell, Game Explorer, Heart, Internet Backgammon, Internet Checkers, Internet Spades, Mahjong, Minesweeper dan Solitaire. Banyak mungkin yang menganggap game Windows kurang menarik dan membosankan, sehingga muncul pemikiran untuk menghapus game-game tersebut.
Cara Mudah Menghapus Game Default di Windows
Tapi tentunya juga tidak mudah untuk bisa menghapus game original dari Windows, tidak seperti game software yang bisa dengan mudah menghapusnya dari program Uninstall. Jika kamu ingin menghapus game default yang ada di Windows, namun kamu belum mengetahui caranya. Berikut ini PG akan memberikan cara menghapus game default dari Windows.
Langkah pertama buka Start Menu dan ketikkan Windows Features, klik pada Turn Windows features on or off.
advertisements
Cara Mudah Menghapus Game Default di Windows

Cari tab Games dan hilangkan centang untuk menonaktifkan fitur game Windows. Klik OK.
Cara Mudah Menghapus Game Default di Windows

Tunggu hingga proses perubahan fitur selesai, mungkin akan membutuhkan beberapa menit.
Cara Mudah Menghapus Game Default di Windows

Lihat perubahan dengan membuka Start Menu lalu Game Explorer, maka tidak ada lagi satu pun game yang tersedia.
Cara Mudah Menghapus Game Default di Windows

Untuk mengemblikan game tersebut, ulangi langkah ke dua dengan mencentang tab Games atau bisa hanya beberapa game saja yang ingin kamu kembalikan. Dan game tersebut akan muncul di Start Menu.
Cara Mudah Menghapus Game Default di Windows
Cara Mudah Menghapus Game Default di Windows

Kamu juga bisa menggunakan cara lain untuk menghapus game default Windows. Kali dengan menggunakan Start Menu, namun berbeda dengan cara di atas. Langsung saja, berikut caranya.
Geser kursor menuju logo Start Menu dengan menge-klik kanan, kemudian pilih Properties.
Cara Mudah Menghapus Game Default di Windows

Setelah terbuka, pilih tab Start Menu dan klik tombol Customize.
Cara Mudah Menghapus Game Default di Windows

Cari tab Games. Jika kamu sudah menemukan, pilih opsi ketiga Don’t display this item. Klik OK.
Cara Mudah Menghapus Game Default di Windows
Langkah terakhir kamu bisa memeriksanya di folder Games yang terdapat pada Start Menu. Bila kamu masih melihat daftar game tersebut, coba dengan merestart komputer kamu.
Bagaimana mudah bukan? Fitur game yang disediakan oleh Windows memang semata-mata hanya untuk sampingan setelah kamu lelah beraktifitas dengan menggunakan komputer. Jika kamu merasa fitur game tersebut tidak menarik untuk ada di komputer Windows, dan lebih memilih dengan game menantang lainnya, kamu bisa menghapusnya dengan menggunakan cara di atas. Semoga bermanfaat :D
[Read More...]


13 Tips Menghindari Banned Google Search



Search engine adalah mesin pendulang traffic yang sangat efektif bagi pemilik situs atau blog.

Sesuai pengalaman PG, 60% sampai 70% pengunjung blog ini berasal dari search engine. Hampir 90% pengunjungnya berasal dari search engine yang paling populer saat ini, yaitu Google. Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa hal yang tidak disukai google yang dapat membuat situs atau blog kamu merosot jauh peringkatnya? Bahkan malah bisa tersingkir dari index Google atau yang lebih sering disebut di banned oleh Google. Jika hal tersebut terjadi pada blog atau web kamu, maka pengunjung blog atau situs kamu bisa-bisa akan merosot secara tajam. Untuk itu kita perlu mengetahui apa saja hal-hal yang tidak disukai oleh Google agar situs atau blog kamu terhindar dari banned oleh Google.
Berikut ini hal hal yang tidak disukai oleh google yang dapat membuat situs atau blog kita dibanned:
1. Terlalu banyak mengulang keyword yang sama terus menerus pada satu halaman atau bahasa kerennya Keyword Stuffing. Mengulang keyword memang penting bagi SEO, namun hendaknya keyword tersebut disusun menjadi kalimat yang tidak janggal dan tidak terlalu berlebihan agar Google tidak menganggapnya sebagai spam.
2. Menggunakan hidden text atau text tersembunnyi. Dulu menggunakan text yang tersembunyi memang dapat mendongkrak peringkat kita di SE, namun jika kamu ingin mengunakannya sekarang. Sebaiknya kamu patut berhati hatikarena Google akan segera mem-banned kamu dan meganggap kamu sebagai spam.
3. Menggunakan hidden image link. Sekarang sangat berpotensi dianggap sebagai spam.
4. Memakai tulisan dengan memakai ukuran font yang sangat – sangat kecil. Ini juga merupakan spam action untuk Google.
5. Memasang gambar memakai generate code. Hati hati jika ingin menampilkan gambar, lebih baik gambar di upload langsung ke blog. Daripada memakai generate kode, karena banyak pengalaman blog teman-teman PG yang dibanned hanya karena menampilkan gambar dengan menggunakan generate code.

6. Isi postingan blog yang sama atau mempunyai kemiripan yang sangat tinggi dengan blog lain. Biasanya hasil copy paste posting dari blog lain bisa menjadi ancaman serius, karena dapat dianggap sebagai Duplicate Content.
7. Membuat situs lain ( domain maupun sub domain ) dengan materi yang sama. Jika ingin memiliki banyak blog atau situs, ada baiknya mengisi masing masing situs atau blog tersebut dengan isi yang berbeda agar tidak dianggap duplikat konten.
8. Memakai link farm ataupun program sejenisnya untuk mendongkrak SEO dianggap sebagai spam juga.
9. Menggunakan program tertentu yang mengirimkan query otomatis kepada Google. Jika google menilai hal yang kamu lakukan tersebut membebani kerja server google, maka kamu harus mulai berhati-hati karena Google dapat menghukum blog kamu.
10. Menggunakan banyak kata kunci yang tidak relevan dengan isi konten. Lebih baik menggunakan keyword yang sesuai dengan tag dan tema blog. Jangan mengulang kata “bisnis internet”, “earn money”, “PTC” dsb jika ternyata konten blog kamu bertemakan tentang pertanian. Jadi keyword lebih baik disesuaikan dengan isi konten.
11. Mengikuti program-program sistem link yang bertujuan untuk meningkatkan SEO semisal “Free for all directories” atau “Free Oneway SEO Links” dan lain sebagainya. Kabarnya Google dapat menganggap ini sebagai tindakan spam dan curang. Jadi sebaiknya hindari. Akan lebih baik lagi jika kita bertukar link dengan blog atau situs yang mempunyai tema yang sama dengan blog kamu.
12. Situs atau blog Scraper. Blog seperti ini adalah blog yang ditujukan hanya untuk mencari uang melalui Google Adsense. Jika blog memiliki konten yang sangat sedikit sekali, namun mengandung banyak iklan dan link keluar ke website lain. Maka hal ini dapat dikategorikan sebagai scraper website yang sangat dibenci oleh Google.
13. Cloaking. Ini merupakan hal yang sangat dibenci oleh Google dimana halaman untuk pengunjung berbeda atau dibedakan dengan halaman untuk search engine. Jadi jika kamu menggunakan cloaking, berhati – hatilah.
Wah..memang banyak sekali hal yang dibenci oleh Google dan mungkin masih bisa menjadi lebih banyak lagi. Mempertahankan posisi di Google memang sulit. Lebih baik kita tetap fokus dengan isi dan kualitas konten blog kita dan tetap berhati – hati jika menggunakan trik trik SEO yang ada agar tidak membuat kita malah di banned oleh Google, karena di google kita “susah masuknya, mudah keluarnya..” Keep blogging guys :)
[Read More...]


Tips Mengamankan Akun Twitter Kamu




Twitter memang menjadi jaringan microblogging paling laris saat ini. Hampir semua orang memanfaatkan Twitter baik untuk mencari kenalan baru, bersosialisasi, bisnis, dan bahkan politik. Bahkan Jakarta dinobatkan sebagai kota paling aktif dalam Twitter. Maka dari itu bila kamu belum mencoba jejaring sosial yang satu ini, PG sarankan untuk ‘mencicipinya’.
advertisements
Tips Mengamankan Akun Twitter Kamu
Bingung apa yang harus dilakukan dalam Twitter? Kamu bisa membaca artikel PG tentang tips Twitter untuk pemula. Dari situ kamu akan mengetahui bagaimana caranya untuk menggunakan Twitter serta mencoba berinteraksi. Mungkin bila sudah terbiasa, kamu juga bisa mempopulerkan diri kamu di jejaring sosial ini.
Bila semua itu sudah kamu lakukan, tinggal satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan. Yaitu menjaga keamanan akun Twitter kamu!
Penting?
advertisements
Bangett!!…
Alangkah sayangnya bila kamu sudah memiliki ribuan follower lalu tiba-tiba akun Twitter kamu dibajak orang hanya karena kamu lengah dan melakukan suatu tindakan yang membahayakan keamanan kamu di Twitter. Oleh karena itu, simak tips dari PG berikut ini!

Aturlah Aplikasi Pihak Ketiga

Kamu bisa menggunakan Twitter dengan dukungan banyak aplikasi pihak ketiga misalnya Desktop Twitter Clientatau Plume untuk Android. Semua aplikasi pihak ketiga ini memerlukan otorisasi dari akun Twitter kamu. Hati-hati dalam menggunakan aplikasi tertentu, dan bila kamu merasa tidak nyaman dengan aplikasi tersebut, kamu bisa menghapus izinnya dari akun Twitter kamu dengan cara mengunjungi tautan berikut:
https://twitter.com/settings/applications

Lalu bila kamu ingin menghapus izin penggunaannya, kamu tinggal klik “Revoke Access”
Tips Mengamankan Akun Twitter Kamu
Dengan cara demikian, maka aplikasi tersebut tak akan lagi terpasang pada akun Twitter kamu.

Jangan Menggunakan Ulang password Lama

Dalam menggunakan jejaring sosial apapun, memang penting untuk memiliki password yang kuat. Namun ada hal penting yang kadang dilupakan, yaitu jangan mengulang menggunakan password yang lama!
Bila suatu hari kamu merasa bosan oleh password tertentu kamu dan ingin menggantinya, maka kamu tidak perlu mengulang password yang lama, karena ada kemungkinan bahwa password yang pernah kamu gunakan telah di-hack oleh orang lain dan bisa menimbulkan potensi bobolnya akun kamu.
Bila kamu mengganti password, berikan password yang benar-benar baru! Tak perlu lagi menggunakan password yang sebelumnya pernah kamu pakai, sesuka apapun kamu dengan password tersebut!

Gunakan URL Expander

Seperti yang kamu ketahui, Twitter saat ini terdiri atas 140 karakter bila kamu melakukan posting. Tentu saja untuk menyiasati hal ini, banyak pengguna Twitter yang memanfaatkan URL Shortener seperti bit.ly dan Twitlonger. Namun itu terkadang menjadi jebakan! Kadang kamu diarahkan ke situs tertentu yang mendatangkan penghasilan iklan untuk mereka yang posting, atau mungkin situs phising!
Untuk itu bila sebuah tautan pendek (yang menggunakan Bit.ly) di post di Timeline (TL) kamu, maka kamu perlu waspada. Kamu bisa menggunakan URL Expander untuk melihat wujud asli link tersebut. Salah satu URL Expander yang terkenal adalah LongURL yang bisa kamu kunjungi di:
http://longurl.org/
LongURL bisa membantu kamu untuk membuka kode bit.ly sehingga kamu bisa tahu wujud asli link yang disampaikan kepada kamu.
Tips Mengamankan Akun Twitter Kamu
Tambahan lagi, bila kamu adalah pengguna setia URL Shortener, untuk memanajemennya, kamu bisa memanfaatkan FCorp yang pernah direview PG. Gunanya adalah untuk memanajemen link pendek yang kamu gunakan.

Waspadailah Phising

Phising adalah tindakan menyaru website tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan username dan password kamu. Bentuknya adalah website-website Cumi (Cuma Mirip), misalnya mirip Twitter, mirip Facebook, dan sebagainya. Phising memanfaatkan kesalahan kamu ketika mengetikkan alamat URL website tujuan. Jadi perhatikanlah bahwa Twitter resminya memiliki logo Twitter Inc dengan lambang gembok di browser kamu.
Tips Mengamankan Akun Twitter Kamu
Bila ingin aman dari Phising, mungkin kamu bisa membiasakan diri menggunakan Chrome karena menurut info teknologi, Chrome adalah browser terkuat dalam mengatasi phising.

Perketat Keamanan Reset Password

Reset password adalah salah satu metode yang sering dimanfaatkan bila ID kamu berhasil dihack. Kadang ini terjadi dalam situasi ketika kamu tengah menggunakan komputer publik (Warnet atau rumah teman), kemudian kamu lupa logout dari akun Twitter kamu. Nah, orang yang tengah membuka komputer itu tentu saja bisa mengakses akun yang kamu buka tadi. Bila dia melakukan Reset Password hilanglah akun kamu!
Maka dari itu, untuk tindak preventif, kamu perlu memperketat keamanan untuk Reset Password. Caranya, kunjungi:
https://twitter.com/settings/account

Pada baris “Password Reset”, tambahkan centang, lalu save.
Tips Mengamankan Akun Twitter Kamu
Dengan demikian, bila ada seseorang mereset akun kamu, maka ia harus memasukkan informasi pribadi kamu seperti email dan password. Ini akan menjadikan akun kamu jauh lebih sulit untuk diretas!

Minta Bantuan Twitter

Terakhir, bila sudah kejadian seseorang menghack akun Twitter kamu, apa yang bisa kamu lakukan?
Jangan panik. Kamu masih bisa menghubungi Twitter untuk meminta akun kamu kembali. Pertama-tama kamu perlu mengikuti langkah-langkah yang dicantumkan pada Twitter Help Center berikut:
https://support.twitter.com/articles/31796-my-account-has-been-compromised#
Ringkasnya, kamu bisa mengikuti langkah untuk mengambil akun Twitter kamu dengan bermodalkan username, password, dan email awal. Twitter Support akan membantu kamu melakukannya.
Dari Tips di atas, kamu bisa meningkatkan keamanan akun Twitter kamu. Ini penting karena terkadang sayang sekali bila akun kamu yang telah menjadi idola di Twitland lepas begitu saja! Dengan memperhatikan langkah-langkah yang diulas PG di atas, maka kamu bisa lebih aman dan nyaman dalam Twitteran! Jangan lupa follow akun PG bila kamu Twitteran demi mendapatkan informasi dan tips teknologi terkini!
[Read More...]


 

Google+ Followers

Return to top of page Copyright © 2010 | salahbantal Converted into Blogger Template by Denih Edogawa