Salah Bantal

Teknik Canggih SEO Terbaru, Tutorial Blogging, Tugas Softskill Gunadarma

Tips Memilih Template Yang Seo Friendly



 Ciri-Ciri template blog yang SEO friendly itu seperti apa yah ? Memilih template untuk sebuah blog adalah bagian yang paling menarik selain pembahasan masalah Riset Keyword dalam Dunia SEO, setidaknya ini yang juga di alami oleh B|C sendiri.

Ketika anda memasuki blog, pernahkah sahabat B|C mengalami hal-hal di bawah ini ?
Akses blog yang sangat lambat
Blog yang terlihat ramai dengan aksesories widget di sidebar nya belum lagi ada bintang-bintang yg melayang :D
Ada kalanya tiba-tiba telinga kita yg pake ear phone dan sedang asyik-asyiknya dengerin lagu instrumen di kejutkan dengan lagu super heboh yang tiba-tiba keluar dari blog
Yang paling menjengkelkan ketika tiba-tiba halaman blog di tutup oleh sebuah iklan "melayang" ?
Dan yang tidak kalah mengganggunya adalah bagaimana mata kita merem melek sambil mengeryitkan dahu saking susahnya baca artikel dengan background hitam pekat, sementara tulisannya samar-samar berwarna abu-abu.

Biasanya jika saya menemukan salah satu dari ciri-ciri diatas, browsing langsung saya tutup seketika :( Bagaimana dengan Sahabat B|C ?

Sebetulnya contoh-contoh kasus di atas tidak semuanya berkaitan dengan template blog, tapi bisa jadi acuan kita bagaimana memilih template yang sesuai dengan kebutuhan blog yang kita bangun.

Berikut adalah "Tip Memilih Template Blog dan tentunya SEO friendly :
  1. Pilih Template dengan akses Ringan : Selain memanjakan pengunjung, akses yang cepat akan lebih memudahkan mesin pencari untuk meng-index blog kita. Salah satunya pilihlah template dengan ukuran file yang kecil (maksimal 100 kb sudah cukup bagus). Umumnya template yang berat karena terlalu banyak javascript di dalamnya.
  2. Background, warna dan ukuran font yang serasi : Pilih template dengan background warna yang cerah dengan tulisan konten yang kontras (Hitam/Biru). Begitu juga ukuran font yang serasi dan mudah di baca
  3. Pilih Template dengan sidebar di sebelah kanan : Tujuannya agar pada saat blog di akses yang pertama kali muncul adalah konten blog. Jika template mempunyai 3 kolom sidebar, pilih 2 kolom sidebar di sebelah kanan. Kalaupun harus ada sidebar di sebelah kiri, pilih widget yang di tempatkan adalah widget yang ringan.
  4. Hindari template yang mempunyai background "Image" : Template dengan background image memang terlihat menarik, namun terkadang malah membebani akses ke blog kita. Usahakan warna background adalah berupa kode warna, bukan Image.
  5. Template dengan Navigasi yang baik : Navigasi link menu yang terstruktur dan jelas pada template blog akan meningkatkan pageview selain itu akan memudahkan mesin pencari untuk menyelami seluruh link blog kita dan memudahkan dalam proses index.
  6. Template yang mendukung aplikasi mobile : Semakin majunya teknologi handphone atau gadget lainnya yang mobile, maka semakin banyak orang yang akses web melalui aplikasi mobile. Usahakan bahwa template blog kita support thd aplikasi-aplikasi yang mobile tsb. 
  7. Pilih template yang memiliki Dinamic META TAG : Meta Tag yang dinamik akan menolong mesin pencari semacam google untuk mengindex blog kita, bahkan bisa mendongkrak ke halaman pertama hasil pencarian
  8. Pilih template yang memiliki Heading H1, H2, H3 ..dst yang ter-struktur :  Pada umumnya template bawaan blogger menjadikan judul blog sebagai H1, tapi beberapa pakar SEO mengubahnya H1 untuk judul posting, sementara judul blog untuk H2. Pengaruhnya nanti di tampilan hasil pencariannya akan terlihat lebih spesifik sesuai topik yang di posting.
  9. Template SEO Friendly
  10. Template Memiliki "Related Post" :Kebanyakan templated sudah terpasang Related Post, jika belum ada silahkan cari di google yah, sudah demikian banyak blog-blog yang membahas Cara Bikin Related Post di Blog. Fitur ini sangat penting dan juga sangat bermanfaat bagi pengunjung dan pastinya akan meningkatkan jumlah PageView, karena pengunjung akan di permudah untuk melihat artikel blog lainnya.
  11. Template memiliki Link Share FB, G+ dan Twitter : Fasilitas ini sangat penting dan terbukti efektif membantu menyebarluaskan artikel blog sobat. Penempatan di bawah judul posting paling strategis. Jika blog sobat belum tersedia fasilitas ini, silahkan baca tip-tipnya untuk menambah icon share FB, G+ dan Twitter . 
  12. Kode Html/CSS yang Valid : CSS dan HTML usahakan yang berkaitan, kadang kala kalau template sering di utak-atik semakin banyak kode CSS yang sebetulnya tidak terpakai tapi masih ada di kode template kita. Untuk men validasi kode template bisa di pakai tools yang banyak tersedia di internet, salah satunya untuk Markup Validasi bisa pake tools milik W3C 

Demikianlah Tip Untuk Memilih Template yang baik dan SEO Friendly dari salahbantal.
Semoga Bermanfaat :)

Related Post:

Widget by [ salahbantal ]



Responses

0 Respones to "Tips Memilih Template Yang Seo Friendly"

 
Return to top of page Copyright © 2010 | salahbantal Converted into Blogger Template by Denih Edogawa