Salah Bantal

Teknik Canggih SEO Terbaru, Tutorial Blogging, Tugas Softskill Gunadarma

10 Fitur Terbaru dan Keren di Windows 8



10 Fitur Terbaru dan Keren di Windows 8

10 Fitur Terbaru dan Keren di Windows 8 - Windows 8 telah tersedia untuk didownload hari ini, hadir dengan tampilan yang elegan dan ramah dengan sentuhan, namun tetap kompatibel dengan mouse dan keyboard fisik. Walaupun dioptimalkan untuk perangkat dengan dukungan layar sentuh, Windows 8 memiliki opsi yang memungkinkan Anda untuk beralih dari mode sentuh ke mode dekstop dengan tampilan layaknya Windows 7.

Apa saja yang baru dari Windows 8? berikut ini kami sajikan 10 fitur terbaru dari Windows 8 yang layak Anda ketahui.

1. Peningkatan Performa


Peningkatan Performa

Apakah Anda pernah berfikir bahwa performa Windows 8 tidak akan sebaik Windows 7 karena beragam fitur dan tampilan yang dioptimalkan untuk tablet? Bukankah tampilan metro (Windows UI) baru dari Windows 8 malah menambah proses yang berjalan di background dan memperberat kinerja RAM dan prosesor?

Microsoft rupanya memahami keraguan pengguna Windows terhadap performa Windows 8, oleh karena itu mereka menegaskan bahwa Windows 8 memiliki performa yang lebih baik dari Windows 7, bahkan dengan tambahan metro UI sekalipun.

2. Lockscreen

Lockscreen

Windows 8 hadir dengan lockscreen baru, dengan wallpaper yang dapat diganti dan disesuaikan, widget yang dilengkapi dengan notifikasi seperti jam digital, hari dan tanggal, indikator baterai, jumlah email yang belum terbaca, dsb.

Untuk membuka lockscreen, Anda hanya perlu menggeser layar ke atas bila Anda menggunakan perangkat dengan layar sentuh, dan tekan tombol space bila Anda menggunakan PC biasa. Setelah itu Anda akan diminta memasukkan password untuk logon seperti biasa, atau bila Anda mempunyai perangkat dengan layar sentuh, Anda dapat mencoba picture password, yang dapat dibuka dengan gesture tertentu yang telah diset sebelumnya.

3. Start Screen

Start Screen

Setelah logon, Anda akan disambut start screen dengan tampilan khas Windows 8. Start screen Windows 8 dapat dikatakan sangat mirip dengan tampilan start screen Windows Phone, karena memang dioptimalkan untuk layar sentuh. Tampilan start screen Windows 8 terdiri dari kotak-kotak yang disebut tile, setiap tile mewakili notifikasi dan informasi dari aplikasi yang diwakilinya, misalnya tile dari aplikasi email akan menampilkan jumlah email yang belum Anda baca, tile dari aplikasi kalender akan menampilkan tanggal saat ini disertai dengan jadwal kegiatan Anda, dsb.

Anda juga dapat membuat tile untuk aplikasi-aplikasi favorit Anda, seperti game dan juga aplikasi-aplikasi lama dari Windows 7. Bila Anda ingin beralih ke desktop tradisonal Windows 7, cukup tekan Win + D atau klik pada desktop tile yang tersedia secara default pada start screen.

4. Desktop

Desktop

Dekstop Windows 8 tidaklah terlalu jauh berbeda dengan dekstop Windows 7, sekilas Anda tidak akan menemukan perbedaan yang mencolok. Anda akan menemukan taskbar, ikon-ikon di dekstop, dan jendela aplikasi yang sudah sangat akrab dengan keseharian Anda. Tetapi, Anda akan kehilangan efek transparan pada taskbar dan jendela aplikasi yang Anda buka. Start menu juga menghilang dari Windows 8, digantikan dengan start screen yang sudah kita bahas sebelumnya.

5. Aplikasi Full Screen

Aplikasi Full Screen

Aplikasi full screen Windows 8 merupakan aplikasi yang didesain untuk tablet. Aplikasi-aplikasi tersebut mendukung kendali sentuhan penuh, seperti gesture dan pinch to zoom. Meskipun begitu, Anda masih dapat menggunakan mouse dan keyboard untuk berinterkasi dengan aplikasi tersebut.

Setiap aplikasi full screen memiliki beragam opsi, seperti opsi pencarian (search), share, dan setting yang dapat diakses melalui charm bar. Untuk mengakses charm bar, Anda dapat menggeser pojok kanan layar ke kiri atau tekan Win + C.

Salah satu fitur utama Windows 8 adalah kemampuan untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan, bukan sekedar multi tasking, tapi benar-benar menjalankan aplikasi secara bersama-sama dalam satu layar secara bersebelahan. Mungkin fitur tersebut mengingatkan Anda pada game dengan dukungan split screen, iya, dapat dianalogikan seperti itu. Misalnya saja, Anda dapat menonton video di sisi kiri layar sambil chatting dengan teman Anda melalui Facebook di sisi kanan layar.

6. Windows Store

Windows Store

Tampilan Windows Store sekilas nampak seperti start screen Windows 8, terdiri dari berbagai tile yang berjajar mewakili aplikasi-aplikasi dalam beberapa kategori. Di Windows Store, Anda akan menemukan beragam aplikasi yang kompatibel Windows 8, tidak hanya aplikasi full screen untuk tablet, tetapi juga aplikasi tradisional untuk Windows 7, baik yang gratis maupun berbayar.

7. Sinkronisasi Data dengan Media Penyimpanan Awan

Sinkronisasi Data dengan Media Penyimpanan Awan

Microsoft menyediakan fasilitas sinkronisasi data yang ada di Windows 8 dengan media penyimpanan awan (Cloud Storage). Semua data Anda, dari kontak, foto, sampai data dari aplikasi yang terinstall di Windows 8 akan tersedia secara online dan dapat diakses melalui perangkat Windows 8 lain (dengan login terlebih dahulu tentunya).

Dengan login menggunakan akun Microsoft pada perangkat Windows 8 lain, tema, bahasa, setting aplikasi, taksbar, dan berbagai preferensi lainnya dari Windows 8 Anda akan tersedia pada perangkat tersebut.

8. Windows Explorer

Windows Explorer

Windows Explorer pada Windows 8 tampaknya terinspirasi dari Microsoft Office. Mengusung Ribbon UI, Windows Explorer pada Windows 8 memiliki jajaran menu yang mirip dengan menu-menu pada Microsoft Office, baik fungsi maupun tampilannya.

9. Task Manager

Task Manager

Microsoft akhirnya mendesain ulang task manager pada Windows 8, lebih sederhana dalam hal tampilan, tapi mampu menampilkan berbagai informasi secara mendetail, seperti aktivitas CPU, RAM, aplikasi yang sedang berjalan, dsb.

10. Antivirus yang diintegrasikan dengan Windows Defender

Antivirus yang diintegrasikan dengan Windows Defender

Sekarang Anda tidak perlu lagi menginstall antivirus dari pihak ketiga, karena Microsoft telah mengintegrasikan Microsoft Security Essentials dengan Windows Defender. Tampilannya sama dengan Windows Defender Windows 7, namun dengan fungsi yang lebih ditingkatkan.

Mungkin masih banyak fitur Windows 8 yang belum kami sebutkan, cara terbaik untuk mengetahui semua fitur-fitur terbaru Windows 8 adalah dengan mencobanya sendiri. Anda dapat membeli Windows 8 melalui Microsoft Store, atau bila Anda belum yakin, Anda dapat mencobanya terlebih dahulu dengan mendownload Windows 8 Enterprise Evaluation for Developers secara gratis.

10 Fitur Terbaru dan Keren di Windows 8
http://arhamvhy.blogspot.com/2012/10/10-fitur-terbaru-dan-keren-di-windows-8.html
This post was made using the Auto Blogging Software from WebMagnates.org This line will not appear when posts are made after activating the software to full version.

Related Post:

Widget by [ salahbantal ]



Responses

0 Respones to "10 Fitur Terbaru dan Keren di Windows 8"

 
Return to top of page Copyright © 2010 | salahbantal Converted into Blogger Template by Denih Edogawa